Kejati akan Jemput Paksa Kepala Adpel Banten Terkait Kasus Jasa Kepelabuhanan

[SERANG] Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten berencana akan melakukan jemput paksa Kepala Administrasi Pelabuhan (Adpel) Banten, Dalle Efendi jika dalam pemanggilan selanjutnya tidak hadir, terkait kasus dugaan korupsi pungutan retribusi jasa kepelabuhanan yang diduga merugikan keuangan negara sebesar Rp2,64 miliar di Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. Hal ini dilakukan, karena beberapa kali dipanggil oleh Kejati, Kepala Adpel Banten selalu mangkir.

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Banten Yunan Harjaka, di Serang, Rabu (28/11) menegaskan, sesuai kewenangan yang dimiliki penyidik, upaya jemput paksa bisa dilakukan kepada saksi untuk dimintai keterangan.

“Kami akan jemput paksa Kepala Adpel Banten sesuai dengan kewenangan yang kami miliki, jika tetap mangkir ketika hendak dimintai keteranganya,” ujar Yunan.

Yunan menjelaskan tim penyidik Kejati Banten telah memeriksa pejabat Pemkab Serang, yakni Kepala Pengelola Keuangan Daerah, Setiadi dan Kepala Bidang Hubungan Laut Dinas Perhubungan Serang Iyos Rostaman, karena ada aliran dana dari Pemkot Cilegon yang masuk ke kas daerah Pemkab Serang.

“Ada beberapa aliran dana dari Bank BNI 46 Cilegon masuk ke kas Kabupaten Serang, dari pungutan retribusi kepelabuhanan, karena ada beberapa pelabuhan masuk dalam wilayah adminsitrasi Kabupaten Serang,” ujarnya.

Menurut Yunan, pemeriksaan terhadap Kepala Adpel Banten itu sangat penting karena untuk mengetahui mekanisme kapal yang akan masuk di pelabuhan, berikut jumlah kapalnya.

“Kami hanya mau meminta keterangan terkait jumlah kapal dan prosedur kapal sandar di pelabuhan,” ujar Yunan. [elde]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: