Rencana Keberangkatan Pejabat Banten ke China Sudah Mendapat Izin dari Mendagri

[SERANG] Rencana keberangkatan sejumlah pejabat dari Provinsi Banten ke China untuk studi banding soal Free Trade Zone (FTZ) sudah mendapat izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto melalui surat.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Banten Yayat Suhartono di Serang, Kamis (22/11) menjelaskan rekomendasi dari Mendagri untuk berangkat ke China itu sudah keluar, tingga menunggu izin keberangkatan dari Sekretariat Negara.

Namun menurut Yayat, kendati  Mendagri sudah mengeluarkan rekomedasi, namun hal itu tidak menjamin rombongan bisa berangkat ke China, tanpa izin keberangkatan dari Sekretariat Negara (Setneg).

 “Setneg yang memutuskan berapa jumlah pejabat Banten yang jadi berangkat,” ujarnya.

Ia mengaku tidak tahu persis nama-nama  pejabat dan anggota DPRD Banten yang direkomendasikan Mendagri untuk berangkat ke China. Namun ia mengatakan, jumlahnya sebanyak  19 orang, termasuk  Gubernur Banten Hj Ratu Atut Chosiyah.

Yayat sendiri mengaku termasuk di dalamnya, namun untuk memastikan jadi tidaknya ia
berangkat ke China masih menunggu izin dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW)  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Banten.

“Untuk saya pribadi diserahkan keputusannya kepada partai. Kalau partai mengizinkan saya berangkat. Tetapi kalau tidak, tidak berangkat,” katanya.

Ia mengaku rombongan sebanyak 19 orang yang sudah direkomendasikan itu masih terlalu banyak, shingga diharapkan Setneg nanti melakukan rasionalisasi kembali, agar rombongan yang berangkat berkurang dengan tidak mengurangi kualitasnya.

“Saya sudah meminta agar Gubernur Banten jangan berangkat, karena sudah terlalu sering ke luar negeri bahkan mungkin saat ini saja masih berada di Prancis. Selain itu pembahasan APBD 2008 jadi terganggu karena Gubernur dan Sekda tidak ada di tempat,” ujarnya.

Keberangkatan sejumlah anggota dewan sendiri menurutnya karena dalam pengelolaan FTZ itu akan dibentuk dewan kawasan yang anggotanya harus berdasarkan persetujuan anggota dewan.

Meski demikian, diakui bahwa China menjadi tujuan studi banding untuk persoalan FTZ sudah tepat, karena 90 persen warga setempat terlibat aktif di dalamnya.

 “Ini menjadi daya tarik tersendiri, perkembangannya ternyata dikelola oleh warga sendiri dan terbukti berhasil. Saya juga berharap kalau nanti FTZ jadi, maka masyarakat setempat harus dilibatkan dan jangan sampai FTZ menjadi sebuah kebijakan yang memarjinalkan masyarakat sendiri,” katanya.

Protes Rencana Pejabat ke China

Sementara itu, desakan untuk membatalkan keberangkatan ke China terus mengalir. Pada hari Kamis (22/11) sore puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Front Aksi Mahasiswa (FAM) Untirta menggelar aksi demonstrasi di Kantor Gubernur Banten.

Selain mengecam rencana keberangkatan sejumlah pejabat ke China mereka juga mengecam keberangkatan Gubernur Banten Hj Ratu Atut Chosiyah ke Prancis bersama dengan salah satu Pimpinan Komisi DPRD Banten, Sekda Banten dan beberapa pejabat lainnya.

“Kami menuntut transparansi hasil studi banding, dengan cara mengumumkan hasilnya secara terbuka kepada publik dan langkah konkrit apa yang akan diberikan mereka kepada masyarakat Banten dari hasil studi banding itu,” ujar Moris, Koordinator Lapangan (Korlap) aksi itu.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Aat Syafaat yang rencananya ikut juga dalam rombongan keberangkatan ke China itu menyatakan tidak akan ikut perjalanan ke Sanghai China bersama sejumlah  pejabat dan anggota DPRD Provinsi Banten pada tanggal 28 November 2008 mendatang, karena masih banyak kegiatan yang harus diselesaikan.

Menurut Aat, momen perjalanan ke China tidak tepat baginya karena di Pemkot Cilegon banyak agenda kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, di antaranya rapat pembahasan APBD dan sejumlah kegiatan lainnya.

“Saya juga tidak akan mengutus pejabat lain  dari Pemkot Cilegon untuk berangkat ke China itu,” ujarnya. [elde]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: